Sosialisasi Asuransi TKI ASTINDO Pada Job Fair TKI Formal di Tanggerang

Tanggerang - Konsorsium Asuransi TKI ASTINDO memberikan sosialisasi perlindungan terhadap Calon TKI yang ingin bekerja ke luar negeri melalui jalur pemerintah ke Korea dan Jepang, pada Job Fair di Tanggerang City (Tang City), pada Kamis-Sabtu 28-30 November 2013. 

Kegiatan Job Fair kali ini merupakan program Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam memberikan informasi peluang kerja keluar negeri  melalui proses penempatan TKI Formal semi terampil dan terampil.

Menurut  Direktur  Pemetaan & Harmonisasi Kualitas TKLN II BNP2TKI, DRG. Elia Rosalina Sunatyo, MARS, MS, tujuan penyelenggaraan Job Fair ini, pertama untuk menyebarluaskan informasi peluang kerja ke luar negeri, dan mempromosikan penempatan TKI seKtor formal sebagai upaya lebih baik dalam menyediakan kesempatan kerja dan perlindungan bagi TKI. Kedua, memudahkan para pencari kerja yang berminat bekerja keluar negeri untuk mendapatkan kesempatan mendaftar bekerja ke luar negeri, serta mengakses informasi lowomgam pekerjaan. Dan ketiga, meminimalisir peran calo dengan mempertemukan Calon TKI dengan PPTKIS, melalui ajang Job Fair dan diharapkan dapat terbangunnya jejaring kolaborasi antara lembaga/stakeholder penempatan TKI sektor formal ke luar negeri.

Sementara itu, Kepala BP3TKI Serang, Amien Amanullah pada kunjungannya ke stand ASTINDO menerangkan telah mengundang 100 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), puluhan sekolah perawat dan politeknik untuk hadir pada kegiatan Job Fair ini.

Sedangkan menurut Adam Mawengkang, Koordinator ASTINDO Kantor Pelayanan Jabodetabekser menjelaskan penampilan stand ASTINDO yang didukung dengan media promosi yang memadai dan tata letak yang minimalis serta petugas Astindo Job Fair yang selalu siap melayani untuk memberikan informasi Asuransi tki. Membuat menarik perhatian pengunjung, sehingga yang hadir di stand cukup ramai.

“Dari 3 Stand Konsorsium Asuransi TKI, Stand Astindo yang paling ramai dikunjungi para pelajar dan mahasiswa dari berbagai  sekolah dan lembaga pendidikan di kota Tanggerang dan sekitar nya. Mereka berminat menggunakan jasa Asuransi TKI ASTINDO. Terbukti antusias mereka yang mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan penjelasan pengetahuan dan peranan  Asuransi TKI ASTINDO,” ungkap Adam.

Adapun Job Fair kali ini, menyediakan 40 Stand, terdiri dari Stand BNP2TKI dan Crisis Center. Selain itu, juga 30 Stand PPTKIS, Stand Disnaker kota Tanggerang yang menfasilitasi pembuatan Kartu Kuning, 3 Stand Konsorsium Asuransi TKI, 2 Stand LPK Bahasa Korea, dan masing-masing 1 Stand untuk BLK, Sarana Kesehatan dan Perbankan.

Diakhir acara, setiap instistusi yang berpasrtisipasi pada kegiatan Job Fair ini menerima Piagam Penghargaan oleh BNP2TKI selaku penyelenggara. (Wea)  

 

 
Berita Lainnya