Tiba Di Indonesia, TKI Langsung Tukar Uang Asing Dengan Rupiah

Sidoarjo - (24/06/16), Menjelang lebaran, jasa penukaran uang di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami kenaikan drastis. Bahkan, kenaikan mencapai angka 100%.

Penukaran didominasi oleh para TKI yang baru pulang dari perantuan. Peningkatan akan terus terjadi hingga H-5 Lebaran nanti. Berdasarkan pengamatan langsung, tampak para TKI menukarkan mata uang asing dengan rupiah.

Jasa penukaran mata uang ini merupakan satu dari dua tempat jasa penukaran mata uang yang terdapat di ruang kedatangan Bandara Internasional Juanda.

Sejak memasuki awal bulan suci Ramadhan, jasa penukaran mata uang ini mulai meningkat. Bahkan, sejak 10 hari terakhir, terjadi peningkatannya tajam dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Yang biasanya setiap hari hanya 100 hingga 200 orang, kini mencapai 400-500 orang yang menukarkan mata uang rupiah. Para TKI ini sengaja menukar mata uang asing dengan rupiah sebagai ongkos perjalanan pulang.

Namun tidak hanya para TKI, warga negara asing seperti Jepang, Taiwan, dan Australia juga menukarkan mata uang mereka ke rupiah. Mata uang yang paling banyak ditukarkan adalah mata Ringgit Malaysia, Dolar Hongkong, dan Arab Saudi.

Penukaran mata uang rupiah ini akan terus meningkat seiring semakin dekatnya hari raya Lebaran. Peningkatan jumlah penukaran uang akan mencapai puncaknya mulai H-5 setelah bank tutup, karena libur Lebaran. ( Yoyok Agusta/Sindonews.com)

 
Berita Lainnya