Konsorsium ASTINDO Ikut Berpartisipasi Pada Hari Buruh Migrant International

Jakarta - Sejak Pukul 05.30 WIB, ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) memadati lapangan Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (21/12/2013). Konsorsium Asuransi TKI ASTINDO yang merupakan bagian dari proses perlindungan CTKI dan TKI juga ikut berpartisipasi merayakan Hari Buruh Migrant International (HBMI).

Kegiatan yang mengangkat tema “ Perlindungan dan Kesejahteraan TKI adalah Harga Mati” merupakan  pertama kali dilaksanakan Indonesia. Kegiatan ini diikuti sekitar 10.000 TKI yang berasal dari Jakarta, Bekasi, Tanggerang dan Serang.  Mereka terdiri dari Calon TKI/TKI/Keluarga TKI dan TKI Purna.

Acara juga dihadiri Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat beserta jajarannya, Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning, Ketua Umum Serikat Buruh Buruh Migrant Indonesia (SBMI), Erna Murniati, Ketua Umum Serikat Petani International (SPI), Henry Saragih Tokoh TKI dan Lainnya.

Selain berisi orasi dan hiburan menari poco-poco secara bersama-sama, juga diberikan penghargaan kepada TKI Purna, PPTKIS, Sarana Kesehatan (Sarkes) TKI, Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), Human Resources Development Service of Korea (HRDS Korea), Disnaker Kabupaten/Kota, dan Media Massa yang dinilai BNP2TKI perduli terhadap TKI.

Menurut Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat momentum Hari Buruh Migrant Sedunia yang tiap tahun diperingati pada 18 Desember harus dijadikan semangat untuk semakin memperkuat perlindungan terhadap para TKI yang bekerja di luar negeri dan lebih khusus bagi TKI di sektor informal rumah tangga.

Lebih jauh Ia menjelaskan, acara ini dilakukan oleh gerakan buruh di seluruh dunia. Di Indonesia, acara ini selain diadakan di Senayan juga secara dalam waktu yang sama di peringati di seluruh daerah di Indonesia melalui kantor BNP2TKI yang ada di di 18 propinsi yaitu, kantor BP3TKI dan UPT-P3TKI Surabaya.

Sementara pada kesempatan ini, Koordinator kantor pelayanan ASTINDO Jabodetabekser, Adam Mawengkang mengungkapkan Konsorsium Asuransi TKI ASTINDO di 3 kantor pelayanan daerah  bersama BP3TKI di 3 wilayah berbeda juga turut berpartisipasi mengikuti kegiatan HBMI ini, yaitu di Semarang, Medan dan Kupang. (Wea)  

 
Berita Lainnya